Daftar Harga Burung Murai Batu Terbaru Di Tahun 2020

Diposting pada

Terkenal dengan suaranya yang indah ketika berkicau, tingkat kepopuleran si Murai Batu tampaknya terus melejit. Harga burung ini sangat melejit dan masih melambung tinggi dipasaran saat ini dikarenakan nilai kelas bergengsi yang saat ini tidak pernah bosan-bosan di cintai oleh semua orang.

Daftar Harga Si Burung Murai Batu

1. Murai Batu Lampung

Seringkali diikutsertakan dalam perlombaan di gantangan, Murai Batu asal Lampung ini menjadi salah satu jenis yang memiliki ciri fisik yang berbeda. Ekornya yang hanya berukuran sekitar 12 hingga 18 cm saja, membuatnya tampil berbeda.

murai-batu-lampung

Selain keunikan dari bentuk tubuhnya, suara kicauan yang dihasilkannya pun cukup bervariasi. Dari kelebihannya tersebut, tidak mengherankan bila dirinya banyak diminati masyarakat.

Kelebihannya yang mampu menirukan suara kicauan burung lainnya, tentu saja menarik perhatian. Tak perlu khawatir isi kantong akan kosong, karena harganya cukup bersahabat dengan dompet.

Sebab untuk satu ekornya, si Murai Batu ini dihargai sekitar Rp. 3 – 4 jutaan saja. Lalu bagaimana jika ingin mendapatkan yang super gacor ? Tak perlu khawatir, karena harga burung Murai Baru Lampung gacor tidak sampai menunjukkan angka 5 juta. Baca juga artikel terkait tentang Mengenal Ciri Murai Batu Lampung (Pola Motif Ekor Dan Harga)

2. Murai Borneo

Berasal dari hutan Kalimantan, burung murai batu Borneo dikenal dengan performanya yang begitu agresif nan gesit. Peforma tersebut akan semakin meningkat, ketika melihat manusia berada di sekitarnya.

murai-batu-borneo

Oleh karenanya, para pemburu haruslah menjinakkannya terlebih dahulu sebelum ditawarkan kepada pelanggan setianya. Jika tidak demikian, si burung akan terus agresif setiap kali didekati oleh pemiliknya kelak.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Decu (Makanan, Harga dan Suara)

Yang membuatnya menarik untuk dimiliki, adalah kemampuannya untuk menirukan suara kicauan burung lainnya dengan sangat fasih. Kemampuan tersebut didapatkannya secara alami, dimana di habitat aslinya saja suara kicauannya begitu bervariasi.

Meski miliki suara kicauan yang merdu, harganya tidak terlalu tinggi lantaran bagian ekornya yang cenderung pendek dianggap kuran menarik. Untuk itulah, harga burung Murai satu ini hanya dibandrol sekitar Rp. 750 ribu sampai 2.5 juta per ekornya.

3. Murai Nias

Dikenal dengan suara gacornya yang khas, Murai Nias juga tak kalah populer seperti jenis Murai Batu lainnya. Dengan keunikan yang dimilikinya, tidak sedikit orang yang kemudian memeliharanya ataupun menjual belikannya.

murai-batu-nias

Perlu diketahui bahwa, harga burung kicauan satu ini dikenal cukup tinggi, jika dibandingkan dengan saudaranya yang lain. Yang membuat harganya jauh lebih tinggi, karena kemampuan yang dimilikinya.

Burung kicau satu ini, miliki kemampuan untuk menirukan suara apapun yang ada di sekitarnya. Bahkan tidak terkecuali, mereka bisa menirukan suara manusia layaknya ketika berkomunikasi antar sesamanya. Tentu saja kelebihan tersebut cukup unik, sehingga harga tinggi pantas diterimanya. Dari kelebihannya tersebut, tidak heran bila satu ekornya saja dihargai sekitar Rp. 4 jutaan.

4. Murai Batu Medan

Miliki penampilan yang menarik, lantaran burung kicau satu ini miliki panjang ekor yang mencapai 30 cm yang melengkung keatas. Selain dari penampilan indahnya, suara kicauan yang dihasilkannya pun begitu merdu ditelinga. Dengan semua kelebihannya tersebut, tidak mengherankan bila dirinya banyak diminati masyarakat. Bahkan harga burung Murai Batu Medan anakan, telah menembus angka Rp. 2 – 3 jutaan.

murai-batu-medan

Namun berbeda dengan murai medan yang sudah dewasa (mapan) yang memiliki mental baik, ekor panjang, volume kencang dan gacor, bisa dibanderol dengan kisaran harga 5 – 10 jutaan keatas, wow sungguh fantastis.

Baca selengkapnya :  Rahasia Di Balik Potensi Hobi Memelihara Burung Kicau

Dengan harga yang telah diberikan diatas, hanyalah patokan standar burung dipasaran, namun jika burung murai yang sudah dipelihara dengan baik dan dikhususkan untuk burung kontes serta sudah memiliki prestasi tentu harga jualnya akan lebih melejit dan melambung tinggi tanpa bisa diprediksi lagi, namanya juga hobi!. Masalah harga nomer 2, bener nggak ?. Yang penting bisa mendapatkan burung yang sesuai dengan keinginan bosnya.

Terkenal dengan suara kicauannya yang merdu, membuatnya sering diburu oleh para pcinta burung kicauan. Kian tahun nampaknya keberadaan si burung bersuara indah ini semakin jarang ditemui di habitat aslinya, sehingga masyarakat tanah air pun mengambil inisiatif untuk mengembangbiakkannya saja. Selain karena tingginya peminat, harga setiap ekornya nampaknya menjadi peluang bisnis yang begitu menggiurkan.