Cara Mudah Merawat Cucak Ijo Mabung Biar Cepat Selesai

Diposting pada

Kerontokan rambut pada manusia, biasa terjadi akibat berbagai faktor. Ternyata kerontokan rambut juga bisa terjadi pada hewan peliharaan seperti burung. Ketika hewan peliharan mengalami mabung, pemiliknya harus memberikan perawatan khusus segera.

Kerontokan yang terjadi, akan menyerap sebagian besar kandungan protein dalam tubunya. Namun bagaimana merawat Cucak Ijo mabung ? Simak ulasan berikut.

Cara Mempercepat Mabung Pada Burung Peliharaan

1. Lakukan Isolasi Sementara

Anda melihat hewan peliharaan sedang terserang mabung ? Segera lakukan isolasi dan jauhkan dirinya dengan berbagai burung lainnya yang gacor. Pemisahan tersebut bukan karena agar penyakit tidak menular, namun agar tidak memancing burung yang sakit ikut berkicau. Apabila burung yang mabung tidak dipisahkan, mengakibatkan sistem imun menurun. Yang paling ditakutkan, burung sakit akan mengalami macet bunyi.

Kerontokan pada bulu berlebihan,dapat menjadi indikasi burung terserang mabung. Memaksakan burung yang sakit untuk berkicau, akan berakibat fatal di kemudian hari. Isolasi bisa menjadi cara ampuh, agar si Cucak Ijo mabungtidak beraktifitas terlalu banyak.

Apabila burung sakit terus memaksakan diri untuk berkicau, energi yang harusnya disalurkanuntuk menyembuhkan mabung semakin sedikit.
Tubuh yang sakit, selalu disarankan untuk beristirahat cukup agar energi tersimpan lebih banyak. Energi tersebut akan digunakan tubuh, untuk mereparasi bagian tubuh yang sakit.

Apabila energi yang dibutuhkan tubuh tidkak mencukupi, maka proses penyembuhan akan terhambat. Keterlambatan penyembuhan tersebut, membuat penyakit betah berada dalam tubuh yang terkena penyakit. Jika terjadi kepada hewan terbang satu ini, ada kemungkinan proses mabung terganggu.

Baca selengkapnya :  Suara Burung Puyuh

2. Tutup Penuh Sangkar Menggunakan Kerodong

burung-dikrodongProses isolasi akan semakin maksimal, ketika anda memberikan kerodong yang menutupi sangkar dengan sempurna. Pemberian kerodong, dimaksudkan agar si burung Cucak Ijo dapat beristirahat lebih lama. Ketika jam istirahat mencukupi, maka proses penyelesaian mabung akan berlangsung lebih cepat. Semakin cepat proses penyembuhannya, Cucak Ijo mabungsiap dipertemukandengan burung lainnya.

Walaupun membutuhkan istirahat cukup, bukan berarti anda tidak membuka kerodong semala 24 jam penuh. Anda bisa membuka kerodong tersebut ketika fajar menyapa, sekaligus memberikan pakan utama. Jenis makanan yang baik bagi burung yang sakit dapat berupa buah buahan, ataupun extra fooding.

Jangan lupa untuk mengganti air minumnya setiap harinya, atau isi kembali air minum yang sudah habis.

Dalam kondisi burung dikrodong, maka sangat baik untuk cucak ijo yang sedang mabung dipedengarkan suara masteran cucak ijo agar dapat menambah materi isian agar mudah menirukannya.

Berikut suara isian atau masteran yang sangat bagus untuk burung cucak ijo :

Download Audio Masteran MP3 Isian Cucak Ijo Juara Lomba

Suara Lovebird – Download

Suara Tengkek Buto – Download

Suara Gereja Tarung – Download

Suara Cucak Jenggot – Download

Suara Cucak Cungkok – Download

Dalam tahap pemasteran ada cara dan tekniknya agar materi suara yang diberikan dapat masuk ke memori cucak ijo, untuk memaster setiap jenis burung isian harus konsisten, misalkan dalam jangka waktu satu bulan hanya satu jenis burung saja yang di masteri.

Contoh: dibulan pertama isian lovebird, lalu dibulan yang kedua suara tengkek, dan begitu seterusnya. Jadi proses pemasteran memakan waktu sekitar lima bulan dari lima jenis burung isian.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Ternak Burung Parkit

Karena lama cucak ijo mabung untuk kembali kepada kondisi TOP performanya memakan waktu kurang lebih sekitar 7 bulan.

3. Membersihkan Kandang Dengan Rutin

kebersihan-kandangMasa isolasi memang menjadi penentu bagi burung yang sedang sakit. Kebersihan menjadi salah satu poin penting, agar tubuhnya kembali fit.

Cukup bersihkan setidaknya sekali dalam seminggu, agar tidak ada kotoran atau sisa makanan yang menumpuk di dasar sangkar.

Kotoran yang bertumpuk dengan sisa makanan, membuat sangkar menjadi lembab. Kondisi ini justru menguntungkan proses perontokan bulunya.

4. Berikan Extra Fooding

larva-tawonProses mabung akan memakan protein cukup banyak, sehingga dibutuhkan makanan tambahan untuk memenuhi nutrisinya.

Anda bisa memberikan makanan tambahan berupa ulat kandang, atau ulat hongkong. Isilah cepuk hingga penuh dengan makanan tersebut, dan biarkan si burung Cucak Ijo mabung yang menetukan akan makan seberapa banyak.

Anda juga dianjurkan untuk memberikan larva tawon, agar mempercepat proses mabung.

Mabung yang tidak kunjung usai, merupakan momok bagi pemilik burung peliharaan. Pada dasarnya, burung kicau ini banyak dipelihara karena merdunya suara dan keindahan bulunya.

Ketika bulu terus mengalami kerontokan, maka kecantikannya akan berkurang dan berbahaya bagi keselamatan burung itu sendiri. Oleh karenanya, anda harus merawatnya secara khusus, agar mabung bisa segera selesai.