Cara Mudah Membuat Cucak Ijo Agar Tampil Ngentrok Juara Lomba

Diposting pada

Cucak Ijo Juara – Burung berwarna hijau ini, menjadi salah satu burung yang banyak diunggulkan para pecinta burung kicauan di gantangan. Selain karena warnanya yang unik, suara kicauannya terdengar merdu di telinga.

mencetak cucak ijo jawara bukanlah hal yang mudah, semua butuh proses yang harus di tempuh, yang paling menarik, si burung hijau ini memiliki gaya gentrok yang unik. Padahal burung Cucak Ijo ngentrok, berarti dirinya sedang marah ataupun tidak nyaman. Justru gaya ngentrok inilah, yang menjadi ajang perlombaan. Bagaimana cara perawatan agar burung cucak ijo juara agar gacor dan tampil ngentrok ?. Berikut pemaparan selengkapnya dibawah ini :

Tips Agar Ngentrok Pada Saat Perlombaan

1. Perawatan 3 Hari Sebelum Perlombaan

perawatan cucak ijo harian sangat berperan penting sebelum mengikuti perlombaan, tentu saja membutuhkan persiapan matang agar menang dalam pertandingannya. Persiapan ini juga berlaku bagi burung hijau satu ini, ketika ingin memasuki arena pertandingan.

Berbagai cara akan dilakukan sang pemilik untuk mencari setelan cucak ijo ngentrok, agar burung peliharaannya ini tampil ngentrok disaat yang tepat. Persiapan tersebut dapat dilakukan tiga hari sebelum hari pertandingan berlangsung.

cucak-ijo-lomba

Hal pertama yang perlu dipersiapkan, burung Cucak Ijo haruslah dimandikan dan setelah itu dijemur. Jangka waktu penjemuran setidaknya berlangsung 3 jam seperti hari biasanya. Setelah dimandikan, jangan lupa untuk memberikan pakan jangkrik dengan porsi hingga 5 ekor.

Jumlah pakan tersebut haruslah ditingkatkan 3x lipat setiap harinya. Agar burung dpaat tampil maksimal, anda bisa memberikan tambahan EF sebanyak 3 ekor ulat HongKong.

Baca selengkapnya :  Tips Mudah Merawat Lovebird Impor yang Baru Tiba

2. Perawatan 2 Hari Sebelum Perlombaan

Pada hari berikutnya, pemilik burung hijau satu ini haruslah melakukan persiapan kembali. Persiapan di hari ke 2 sebelum lomba berlangsung, yaitu memandikannya hingga bersih dan menjemurnya seperti hari biasanya.

Pembersihan ini perlu dilakukan, agar si burung merasa nyaman dan tampil bersih. Jangan lupa untuk memberikan asupan EF, untuk menambah asupan gizinya. Cukup berikan 3 ekor ulat Hongkong, gizi harian pun terpenuhi.

Setelah penjemuran telah dilakukan, kini saatnya burung dikerodong. Proses ini terus dilakukan, hingga hari berikutnya ketika menjelang perlombaan dimulai.

Hal ini dilakukan, agar si burung bisa tidur dengan lebih nyaman. Burung Cucak Ijo yang dikerodong, juga berfungsi agar burung terlindungi dari berbagai serangga yang membahayakan dirinya. Fungsi lainnya, agar si burung hijau tidak merasa stres sebelum memasuki arena pertandingan.

3. Hari Pertandingan Dilaksanakan

Namun anda perlu membersihkan sangkar, agar timpat tinggalnya terhindar dari kotoran ataupun sisa pakan kemarin. Ketika sangkar bersih dan nyaman ditinggali, kini saatnya untuk memberikannya pakan berupa irisan buah apel segar.

4. Berangkat Menuju Lokasi Perlombaan

Lokasi-Perlombaan
Persiapan 3 hari sebelum perlombaan pun usai dilakukan, maka kini saatnya si burung bersiap bertanding. Pemilik burung bersuara merdu ini, perlu menyiaplan kerodong double ketika menuju lokasi perlombaan. Alasan membutuhkan kerodong double, agar si burung tidak terpancing birahi petarungnya. Sesampainya di lokasi pertandingan, pemilik perlu meletakkannya pada area teduh dan nyaman.

Ketika menemukan lokasi nyaman untuk si burung, pemiliknya bisa melepaskan kerodong double tersebut. Biarkan si burung bersuara merdu ini, untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya. Hal ini juga berfungsi, agar si burung beristirahat sebelum diajak untuk bertanding.

Jangan lupa untuk memberikan ulat HongKong beserta ulat bambu, setidaknya masing masing 3 ekor banyaknya. Pemberian pakan ini, berfungsi untuk mendongkrak birahi burung Cucak Ijo menjelang perlombaan.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Merawat Cucak Ijo Trotol Agar Cepat Gacor

Demikian Tips setting cucak ijo juara yang dapat anda jadikan sebagai referensi dan menjadi persiapan, sebelum burung ngetrok di saat pertandingan.

Agar burung ngetrok di saat yang tepat, anda bisa mendekatkannya dengan lawannya. Cara ini terbukti ampuh, agar si burung bersuara merdu ini ngecas. Tujuan mendekatkannya dengan lawannya, agar birahi si burung memuncak sekaligus melantunkan suara merdunya.