Cara Merawat Burung Trucukan Bahan

Diposting pada
Rate this post

Cara Merawat Burung Trucukan Bahan – Memelihara burung kicau yang masih bahan memanglah tidak semudah membalikan telapak tangan, kalian harus benar-benar meluangkan waktu ekstra untuk memperhatikan makanan

dan juga pola hidup dan rawatannya. Karena di kondisi saat ini tak hanya trucukan, spesies burung apapun juga hidupnya masih rentan. Terlebih dia yang masih belum dilatih untuk makan voer sendiri tentu

kalian harus melakukan beberapa cara dan terapi untuk membantu dan melatih dia bisa memakan voer sebagai makanan pokok karena mengandung banyak zat gizi yang bisa memenuhi kebutuhan harian tubuhnya.

Kerap kali para kicau mania terutama untuk pemula masih merasa kebingungan dalam merawat trucukan ini. Mulai dari penjemuran yang terlalu kelamaan, pemandian yang terlalu sering serta makanan

yang tak tepat waktu mengingat dia masih belum bisa makan dengan stabil. Sehingga banyak menyebabkan kejadian burung yang sakit sampai-sampai kematian baik secara mendadak maupun karena sakit.

Untuk menghindari dan memperbaiki pola rawatan trucukan bahan yang salah itu maka kami sajikan artikel ini untuk kalian baca dan pahami supaya bisa merawatnya dengan baik dan melatihnya sampai gacor.

settingan-trucukan

Inilah Caranya Merawat Trucukan Yang Masih Bahan

Letakkan Di Tempat Yang Tenang

Trucukan termasuk salah satu jenis burung yang mudah stres, takut terhadap manusia tapi kalau sudah terbiasa atau sudah bisa beradaptasi tentu semuanya akan berubah. Selain itu Trucukan juga sensitif terhadap

Jadi caranya gantung dia di tempat yang tenang dan nyaman tanpa banyak lalu lalang dari manusia atau anggota keluarga kalian. dan juga pastikan terhindar dari predatornya seperti kucing atau anjing yang biasa menjadi peliharaan rumahan.

Baca selengkapnya :  Manfaat Bawang Putih Untuk Burung Kicau

Mandikan Dengan Benar

Pemandian burung trucukan memang tidak boleh sembarangan baik dari kekuatan semprotan sampai ke durasi memandikannya. Kekuatan sprayer haruslah dengan setingan halus dan satu arah penyemprotan dari atas ke bawah

supaya bulunya tidak kusut. selanjutnya lamanya mandi sekitar 10 menit atau setidaknya sampai bulunya basah kuyup. jangan lupa untuk menyemprot bagian paruh dan kakinya untuk menghilangkan kotoran dan sisa makanan.

cara-agar-burung-trucukan-rajin-bunyi

Penjemuran Yang Dilakukan

Selain mandi yang diperhatikan. penjemuran juga harus sesuai dengan kebutuhan dilakukan selama 15 sampai 30 menit dan pada jam dibawah pukul 10.00 karena diatas itu sinar matahari cukup terik.

Tapi jangan sampai tidak dijemur karena dengan penjemuran dia bisa mendapatkan manfaat dari sinar matahari seperti pengubahan provitamin D menjadi Vitamin D dan juga meningkatkan daya tahan tubuh.

Pemberaian Makanan Yang Tepat

Setelah dia bisa makan voer, kalian pilihkan yang cocok mulai dari kadar proteinnya dan juga komposisi lain dan terlihat dari kotorannya yang cair apabila voernya dirasa tidak cocok maka kalian ganti dengan merek lain.

Selain itu dia menyukai buah-buahan segar bisa kalian berikan sebagai makanan pendamping atau makan tambahan biasanya dia menyukai pisang muli yang kecil dan rasanya manis atau juga pepaya.

Pengkrodongan

Salah satu cara untuk membuatnya nyaman dan bisa beristirahat dengan maksimal di malam hari ialah ditutup krodongnya sehingga esok harinya dia akan bagun dengan keadaan yang lebih segar lagi.

Nah kicau mania, itulah tadiu cara merawat buurng trucukan bahan yang bisa kalian lakukan. Semoga informasi yang kami sampaikan ini dapat kalian pahami dengan baik. Kami ucapkan banyak terimakasih

atas dukungan dari kalian semua sehingga kami selalu bersemangat untuk menyajikan rangkaian informasi-informasi penting dan menarik seputar dunia burung dan hobi merawat burung jenis apapun.