Cara Menjinakkan Burung Parkit Yang Liar

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini situs resmi kacer.co.id akan berbagi tips seputar bagaimana cara menjinakkan burung partik yang masih liar dan giras agar mudah untuk menjadi jinak, memang bukanlah hal yang mudah, apalagi para hobiis burung parkit ini yang masih pemula dan masih belum banyak mengetahui trik penjinakkan serta rawatan hariannya.

Burung partiki ini terkenal dengan kepintarannya, serta sangat bersahabat dengan manusia jika sudah kenal dan terbiasa dengan pelatihan dan perawatan yang anda berikan setiap harinya. Biasanya jika burung parkit ini berencana ingin dijinakkan yang bertujuan untuk sebagai teman bermain dirumah yang dapat nurut dengan majikannya yang bisa dilatih seperti burung sirkus sama halnya seperti burung love bird.

Namun jika hanya untuk dinikmati suara kicauannya saja sebagai masteran atau isian burung ocehan lainnya, maka tahap penjinakkan ini tidak perlu dilakukan. Terus gimana metode menaklukkan parkit yang merupakan salah satu tahap awal yang butuh dicoba oleh para pemelihara burung parkit supaya burung parkit yang kita punya dapat dirawat dengan gampang. Ada beberapa tahapan yang harus diberikan agar burung parkit ini dapat cepat menjadi jinak, penasaran yuk simak informasi selengkapnya dibawah ini :

tips-penjinakkan-parkit

Tahapan yang dilakukan supaya burung parkit segera jinak


1. Memainkan gerakan tangan

Kamu wajib menyesuikan memasukan tangan dengan menggerak- gerakkan atau memainkan pergerakan tangan ke dalam kandang serta membiarkannya selama beberapa menit. Dalam kondisi parkit sedang di dalam kandang, kalian wajib memasukkan tanganmu ke dalam kandang sepanjang sebagian menit.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Menjinakkan Burung Kacer Yang Giras

\Dengan melaksanakan aktivitas ini, diharapkan burung parkit hendak terbiasa serta tidak gampang terkejut ataupun khawatir terutama pada tanganmu. Pada hari awal kalian melaksanakan kegiatan ini, umumnya burung parkit hendak ketakutan serta berupaya menjauh. Akan tapi kalian dapat melaksanakannya kembali hingga setelah itu kukila parkit dapat terbiasa dengan tanganmu.

dengan-menggunakan-tangan

2. Dengan Metode Di Pegang

Sesudah burung parkit yang kalian punya tidak lagi terkejut dengan tanganmu, kalian dapat mulai mengeluarkannya dari kandang sambil membelai- belai dengan halus pda bagian balik kepalanya. Sehabis melaksanakannya, kalian dapat melepaskannya dengan cara lambat- laun serta janganlah lupa buat menaruh burung itu pangkuanmu.

Pada dini kali melaksanakan kegiatan ini, umumnya parkit hendak berupaya buat kabur dengan cara terbang. Hendak namun sebab kalian sudah melaksanakan wing clipping, hingga kalian tidak perlu takut sebab ia tidak hendak dapat terbang jauh alhasil kalian dapat mengambilnya kembali dengan gampang.

Kalian wajib senantiasa menangkap burung parkit yang melarikan diri supaya ia terbiasa dengan badanmu serta supaya kalian dapat buatnya aman serta jadi jinak. Tahap ini memanglah memerlukan intensitas serta kesabaran, oleh sebab itu kalian tidak bisa berserah sedemikian itu saja.parkit-ditaruh-dipangkuan-tangan

 

3. Memeberikan Pakan Di Dalam Kandang

Kegiatan lain yang dapat kalian jalani buat membuat kukila parkitmu jinak merupakan dengan metode melatihnya makan di dalam kandang. Metode ini dapat kalian jalani sambil buatnya terbiasa dengan tanganmu.

Ataupun bila ia telah terbiasa dengan tanganmu, kalian pula dapat melaithnya makan dengan metode mempersiapkan media kecil bermuatan pakan di atas lantai kemudian latihlah supaya kukila ingin mendekati santapan itu.

pemberian-pakan-langsung-ditangan

4. Dengan Metode Wing Clipping

wing clipping parkit ialah pengguntingan bulu yang bermaksud supaya parkit lebih gampang dikontrol serta lebih kilat tergantung pada kita. Cara ini tidak mematikan ataupun melukai burung, sebab yang digunting bulu kapak besar yang dipakai kukila buat melambung tinggi. Jadi sehabis dicoba wing clipping, parkit masih senantiasa dapat terbang walaupun dengan jarak rendah.

Baca selengkapnya :  Makanan Lovebird Biar Gacor Dan Ngekek Panjang

Yang butuh diketahui, wing clipping cuma dicoba buat parkit yang dijadikan koleksi individu di rumah, serta bukan buat diperjualbelikan. Karena calon konsumen biasanya sungkan melaksanakan bisnis sedemikian itu memandang bulu- bulu sayap parkit yang ingin dibelinya telah tidak sempurna lagi. Jadi, yakinkan burung itu bagaikan sahabat main di rumah.

Bila menjaga burung parkit anakan hingga metode menjinakkannya hendak lebih gampang bila dibanding dengan burung parkit berusia. Anakan burung parkit bisa didapat lewat breeder ataupun pembudidaya burung parkit. Tetapi memilah burung parkit anakan wajib dilakukan dengan teliti.

Burung parkit yang jinak mempermudah kita dalam menjaga, berikan makan, serta bermacam kegiatan yang lain yang butuh kita jalani buat menjaga burung parkit yang kita punya.

win-cliping

Umumnya burung parkit hendak mulai terbiasa dengan kegiatan dalam lingkungannya sesudah 2 minggu. Bila mendesakkan buat melaksanakan kontak dengan cara langsung sehingga bakal bisa membuat burung parkit jadi stress di tempat barunya.

Bila telah membiarkannya menyesuaikan diri sepanjang 2 minggu, hingga tahap selanjutnya merupakan interaksi kecil dengan burung parkit telah dapat dicoba. Dekatilah burung parkit dengan cara lambat- laun pada saat tertentu semacam pagi serta petang.

Biasanya burung parkit yang telah menjalani proses penjinakkannya dalam 1 sampai 2 pekan. Kemampuan itu hendak terus menjadi bertambah bila bimbingan dilakukan dengan cara teratur. Oleh sebab itu, salah satu kunci dalam membuat burung parkit jadi jinak merupakan dengan melaksanakan bimbingan dengan cara teratur serta konsisten dengan cara terus menerus selama ia belum jinak.

Dalam perihal ini, yakinkan burung parkit mempunyai reaksi pada saat dijamah, bagus menghindar ataupun mendekat. Perihal ini ialah salah satu ciri dari burung parkit anakan dalam kondisi segar. Tidak hanya itu yakinkan pula kalau situasi badannya terletak dalam kondisi sempurna semacam catok tidak rusak serta dimensi tubuh seimbang.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Perawatan Kolibri Raja Agar Cepat Gacor

Demikan tips Cara Menjinakkan Burung Parkit yang dapat temen-temen praktekan dirumah, agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Semoga dapat bermanfaat.

Baca juga : Cara Merawat Burung Parkit