Cara Membuat Jebakan Burung Sederhana Dan Mudah

Diposting pada

cara membuat jebakan burung – Oke sobat kicaumania semua, masih tetap setia bersama kami Website Kacer.Co.Id yg selalu konsisten memberikan informasi seputar update dunia burung kicauan yg terbaru dan teraktual untuk menambah wawasan temen-temen para penghobi burung di nusantara.

Nah sesuai dengan judul artikel ini, disini akan dibahas seputar cara membuat jebakan burung, memang ada banyak metode yang bisa kalian terapkan untuk mendapatkan burung liar di alam bebas, sebaiknya temen-temen harus menganalisa terlebih dahulu ya, kira-kira burung apa yg ingin kalian pikat, misalnya di area alam yg mendominasi burung fighter seperti kacer, tentu kalian harus tau caranya dan menyiapkan jebakan yg tepat bagi burung yg ingin di tangkap ya. Intinya ranjau atau jebakan yg kita siapkan sebelumnya harus disesuaikan juga dengan apa target burung yang akan di incar.

Beberapa Tips Menyiapkan Ranjau Pikat Untuk Burung Liar


Menggunakan Kandang Khusus Pikat

Lalu bagaimana cara menjebak burung pakai sangkar ?. Nah spesial bagi yang menggunakan teknik ini biasanya sering dipakai untuk memikat burung seperti ciblek, prenjak, kacer, murai batu, cucak ijo.

Untuk kalian yg ingin menyiapkan kandang yang memang khusus untuk pikat ini bisa dengan cara membuatnya sendiri dari bahan dasar bambu ya, jika kalian tidak mau repot juga sudah banyak yg dijual dipasarannya ya, temen-temen bisa mencarinya di toko / kios kandang burung pasti ada.

Dan biasanya juga kandang yang di desain ini terbagi menjadi 2 kamar, yg 1 untuk perangkap dan yg ke 2 untuk menempatkan burung untulan / betinanya agar secara tidak langsung untuk menarik perhatian burung pejantan liarnya untuk segera mendekati sangkar jebakan tersebut.

Baca selengkapnya :  Ciri dan Perawatan Burung Merpati Kolong yang Baik

cara-menjebak-burung-pakai-sangkar

Menggunakan Lidi Dan Pulut / Lem

Untuk jenis burung pemakan buah, lalu bagaimana cara membuat jebakan burung di pohon ?. Tentu caranya sangatlah mudah ya !. Kalian bisa menggunakan beberapa lidi yg di ikat menjadi beberapa bagian untuk tenggeran / tempat tangkringan si burung agar bisa mendekati umpan buah yg ingin disantapnya.

Namun untuk lidi tersebut haruslah kalian lem terlebih dahulu ya menggunakan lem tikus yg memiliki daya perekat yg sangat baik jika kaki / sayap burung sudah mengenai lidi tersebut, dipastikan burung tidak bisa berkutik dan dapat dengan mudah langsung kita ambil.

Inilah contohnya yg bisa temen-temen lihat pada gambar dibawah ini :

cara-pikat-burung-kecil

cara-membuat-jebakan-burung-di-pohon

Untuk memikat jenis burung fighter yg habitat aslinya sering turun ke dasar tanah dan pemakan serangga seperti burung kacer misalnya, kalia juga bisa bisa menggunakan cara ini ya, akan tetapi lidi yang sudah di lem menggunakan lem tikus ataupun pulut getah karet ini kalian tancapkan saja di bawah tanah dengan posisi silang berbentuk huruf x yg di ikat

Dan pada posisi di tengahnya di kasih tali yg di ikatkan dengan umpan berupa serangga seperti jangkrik / orong-orong tanah ya, yang dimana sebagai umpan penggoda burung kacer tersebut agar mendekati umpan tersebut, jika menariknya maka lidi yg sudah ada lemnya yg kita tancapkan di tanah akan tercabut dan mengenai badan si burung dan akhirnya burung tersebut tidak bisa terbang dikarenakan sudah terkena jeratan lidi yg ada lemnya itu ya.

Berikut contoh gambarnya sebagai berikut :

jebakan-burung-kacer

cara-membuat-perangkap-burung-kacer

Menggunakan Jaring / Jala

Jika kalian tinggal di arena persawahan, dan memang di daerah nya banyak sekali burung-burung kecil liar yg berterbangan di area pesawahan tersebut, tentu lebih praktis kalian bisa menggunakan jaring ataupun jala seperti para nelayan menjaring ya, namun di ikat membentang kurang lebih 15 sampai 20 meteran lah ya.

Baca selengkapnya :  Daftar Harga Burung Kacer Terbaru Di Tahun 2020

Dan di usahakan warna jaring benang harus transparan agar si burung tidak bisa melihat dengan pasti jika jala yang sudah kalian pasang di area tersebut.

Memang modal membeli jala ini cukup memakan modal yang lumayan ya, namun jika memang benar-benar dibutuhkan, ya tidak ada salahnya kalian harus rela untuk membelinya, jika memang ada niatan untuk memikat burung. Rata-rata burung kecil yang terbang pendek dan memang habitatnya di area persawahan atau ladang terbuka ini seperti emprit kaji dan ciblek sawah.

cara-menangkap-burung-dengan-jaring

Oke jadi itu saja ya tips seputar cara membuat jebakan burung yg bisa kami bagikan kepada temen-temen semua, semoga kiranya dapat bermanfaat ya.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari