Cara Mudah Membuat Extra Fooding Murai Trotol Agar Sehat

Diposting pada

Assalamualaikum, wr, wb. Selamat datang masih bersama di webiste Kacer.Co.id yang selalu konsisten memberikan informasi seputar dunia burung kicauan, pada artikel kalia ini akan diulas tentang tips bagaimana cara membuat extra fooding murai trotol dengan mudah, aman dan sangat dianjurkan karena memiliki kandungan gizi, mineral dan vitamin yang sangat baik untuk burung murai batu trotolan anda. Penasaran ?. Yuk simak terus info nya disini guys :

Bahan Apa Saja Yang Digunakan Untuk Meracik EF Burung Murai Anakan


Telur Ayam Omega 3

Dengan bahan utamanya siapkan telur ayam yang mengandung omega 3 DHA dan EPA yang sangat baik untuk kecerdasan dan perkembangan otak si burung sejak dini, sebagai asupan yang dibutuhkan oleh burung khususnya yang masih belia, atau trotolan dan selain untuk makanan murai trotol sudah pasti sangat bagus juga dikonsumsi oleh manuasia, karena telur ayam ini rata-rata sudah menjadi makanan kita sehari-hari. Karena dengan telur ayam yang memiliki kualitas ini sudah jelas terbukti dan teruji dengan banyak memiliki kandungan luar biasa komplit.

bahan-telur-omega-3

Minyak Ikan

Namun disni saya tambahkan juga untuk pemberian minyak ikan, tentunya temen-temen sudah paham pastinya untuk kandungan dari minyak ikan itu sendiri itu hampir sama dengan bahan telur ayam, namun pada kandungan minyak ikan tersebut tentunya lebih kompleks dengan memiliki omega 3, 6 dan 9, DHA serta EPA nya juga lho.

bahan-minyak-ikan

Voer 511

Dan ini adalah voer 511 yang mungkin bagi para hobiis ternak burung seperti jenis lovebird mungkin sudah tidak asing lagi. Voer 511 ini sebaiknya harus digiling halus menggunakan blender mesin agar hasilnya biar lebih sempurna dan mudah menyatu dengan bahan-bahan yang lainnya.

Baca selengkapnya :  Apa Itu Burung Punai Berikut Penjelasan Makanan, Dan Harga

Kenapa saya memilih dan sangat senang menggunakan voer 511 ini sebagai campuran pakan racikan EF murai trotolan ?. Karena menurut saya voer 511 menjadi starter makanan terbaik yang sering diberikan oleh para peternak budidaya burung kicau yang terbukti dan layak digunakan.

voer-511

Selain untuk murai trotolan voer 5 11 ini juga sering dikasihkan untuk ayam atau untuk penangkar burung lovebird itu untuk meloloh anakannya menggunakan untuk 5-11 yang digiling halus seperti ini di sini.

Susu Bubuk

Agar campuran bahan-bahan lebih sempurna, juga saya tambahkan susu bubuk putih dengan menggunakan merk SGM, akan tetapi untuk jenis merek tidak masalah ya, asalkan harus susu bubuk yang putih, tidak disarankan memberikannya dengan rasa cokelat, karena kurang disukai oleh burung murai.

bahan-susu-bubuk

Proses Pembuatan Pakan Racikannya

Oke lanjut kita mulai aja prosesnya disini Saya tidak akan banyak-banyak mungkin di sini Saya hanya memberikan contoh saja saya akan bikin 6 butir ya telur ya karena kemarin saya beli minyak ikan yang kurang tepat Ya hanya 5 biji saya di Sini akan bikin telur seharusnya sih 6 biji juga untuk menyanyikannya tapi besok lah ya kan enggak jauh-jauh nih kekurangannya cuma satu aja.

Dari mulai fisiknya bulunya karakternya motoriknya mentalnya dan kecerdasan ini karena di sini kan kandungan kandungan yang ada di dalam telur itu sendiri ya Saya memilih telur yang omega-3 di situ ada kandungan Epa dan DHA nya dan disitu juga saya tambahkan minyak ikan ini tadi dengan harapan apa nantinya pertumbuhan otak atau perkembangan otak buruk itu akan lebih baik otomatis burung itu akan lebih cerdas dari burung kita tuh cerdas yang nantinya burung kita tuh akan mudah untuk mengingat masteran masteran burung yang kita berikan.

Baca selengkapnya :  Cara Memberikan Isian Masteran Burung Yang Baik Dan Benar

bahan-makanan-dibungkus-plastik

Seharusnya kemarin itu saya beli 6 harus ya untuk takarannya teman-teman jadi kalau untuk trotolan saya gunakan itu cukup 2 telur dan 2 minyak ikan dengan ukuran seperti ini serta ditambah untuk voer 511 satu sendok yang sudah digiling halus itu tadi dan saya juga tambahkan susu itu satu sendok karena tadi menggunakan 6 telur di sini saya tambahkan susu bubuk itu 2 sendok.

Kenapa saya menggunakan susu itu karena apa Karena di susu itu kan kandungan kalsiumnya tinggi jadi harapannya nanti burung saya tidak kekurangan kalsium karena ini sosis masih tahap perkenalan untuk burung saya yang baru ya karena kemarin saya mendapatkan burung trotolan baru maka saya menggunakan untuk itu cuma 3 sendok ya untuk 6 butir ya berarti 2 butir 1 sendok untuk perkenalan biar ada bau bau amis gitu ya.

perebusan-makanan

jika adonan bahan sudah disatukan semuanya, lalu aduk sampai rata menyeluruh, boleh menggunakan tangan secara manual ataupun mesin blender listrik agar lebih cepat penyajiannya, apabila sudah selesai !. Diamkan selama 15 menit lalu masukan bahan pakan racikan tersebut ke dalam plastik es balon lalu diremus selama 10 – 15 menitan, tidak disarankan merebusnya terlalu lama, seteleh selesai direbus diamkan selama 30 menitan baru boleh dimasukan kedalam penyimpanan lemari es kalian agar lebih awet dan terjaga kualitas suhunya, pakan racikan ini bisa bertahan sampai kurun waktu kurang lebih 6 bulanan.

hasil-makanan-siap-saji

Baca juga : Cara Merawat Murai Batu Trotol