Cara Mudah Melatih Burung Beo Agar Bisa Ngomong

Diposting pada

Beo merupakan burung pintar dan tidak serta merta berucap tanpa adanya pelatihan terlebih dahulu. Tidak bisa hanya sekali saja memberikan materi suara yang kita inginkan, melainkan harus perlahan tapi pasti dan yakin burung kesayangan kita pasti mampu untuk dapat ngomong dengan baik tentunya. Berhasil membuat Beo berbicara, merupakan kebanggaan tersendiri bagi pemeliharanya. Namun bagaimana cara melatih jenis burung beo agar dapat berbicara ? Simak disini.

Cara Mudah Mengajarkan Beo Menghafal Kalimat Dan Berbicara

1. Pemilihan Kata Atau Kalimat Yang Harus Dihafalkannya

Sebagai pemanasan, anda bisa mengajarkan kata yangmudah dihafalkan terlebih dahulu. Hal ini sama seperti ketika mengajarkan kepada balita, ketika belajar berbicara. Perlu ketelatenan dan kesabaran, agar Beo dapat menghafal kata yang diberikan.

Mulailah dari kata sambutan seperti selamat pagi, selamat sore, dan sebagainya. Berikan satu kata atau kalimat dan lakukan secara berulang, hingga Beo dapat menirukannya dengan lancar.

Walaupun dapat berbicara layaknya manusia, Beo tidak dapat menyaring kata bermakna buruk ataupun kata yang baik diucapkan. Apa yang diucapkan oleh pemiliknya, maka kalimat itulah yang ditirunya. Semakin sering frekuensi pengucapanya, Beo semakin luwes mengucakannya.

Pada dasarnya mereka hanya menirukan apa yang diucapkan oleh pemiliknya, bukan memaknai apa yang mereka ucapkan. Oleh karenanya, melatih burung Beo tidak boleh sembarangan.

Berikut audio latihan dasar berbicara bahasa indonesia dan bahasa inggris untuk burung beo :

Bahasa Indonesia







Bahasa Inggris




Baca selengkapnya :  Mengenal Burung Owl Finch (Ciri, Jenis, Ternak)

Dengan adanya suara audio mp3 ini, sangatlah efesien dan mudah digunakan dan diperdengarkan secara rutin kepada burung beo kesayangan anda.

2. Ajarkan Sejak Usia Dini

beo-bakalanDianjurkan bagi pemilik Beo untuk mengulangi kata ataukalimat yang sama, secara berulang hingga kalimat tersebut tersimpan di otaknya. Apabila dilatih sejak muda, semakin banyak kalimat yang bisa diucapkannya. Memasuki usia 2 bulan, Beo sudah mulai bisa diajarkan dengan berbagai kata, namun burung satu ini baru akan mulai berbicara setelah memasuki usia sekitar 4 bulan.

Kalimat yag sudah dilatih sejak usianya 2 bulan, tidaklah sia sia. Hanya saja, Beo menyimpannya berbagai kalimat tersebut terlebih dahulu di dalam otaknya. Setiap kalimat yang pernah didengarnya, akan disimpan dan dikeluarkan pada usia 4 bulan. Jangan heran bila hewan satu ini akan lebih cerewet, karena terbiasa mendengar berbagai kalimat sejak usia dini. Melatih Burung Beo sejak dini, kalimat yang diucapkannya akan lebih kaya.

3. Pemilihan Waktu Pelatihan

burung-beoIngin agar Beo cepat menghafal kalimat yang anda ucapkan ? Latihlah Beo ketika pagi hari ataupun sore hari. Lakukan dengan konsisten, denganwaktu yang sama setiap harinya. Misalnya hari pertama anda mengajarkan Beo pukul 8 pagi dan 4 sore. Pada hari berikutnya, ada baiknya anda melakukannya lagi di waktu yang sama persis. berikan pola waktu sama secara berulang, membuat Beo lebih mudah menghafalnya.

Seperti halnya otak manusia yang hanya bisa fokus satu jam saja. Selebihnya, otak akan mulai memikirkan hal lain, yang membuatnya tidak fokus. Melatih Beo pun menggunakan cara yang cukup serupa, dengan membatasi waktu pelatihan. Cukup luangkan waktu sekitar 30 menit, untuk mengajaran satu kata atau kalimat kepadanya. Melebihi waktu tersebut, biasanya Beo akan merasa bosan.

Baca selengkapnya :  Inilah Keistimewaan Burung Rambatan, Beserta Harga Dan Suara

Untuk melatihnya dibutuhkan kesabaran dan konsisten, agar Beo mudah menghafalkan kata yang diucapkan pemiliknya. Walaupun terdengar sulit, anda bisa mencobanya terlebih dahulu. Sebaiknya latih Beo dengan kalimat yang sama secara berulang, agar Beo mengerti apa yang dikatakan, untuk selanjutnya ditirunya.

Tidaklah mudah seperti membalikkan telapak tangan untuk melatih burung beo dapat berbicara, semua butuh proses kesabaran tentunya, namun jika burung beo sudah dapat berbicara dengan jelas dengan vokal yang keras maka harga burung beo akan melonjak naik dan mahal sekitar 1 sampai 3 jutaan.

Berikut suara audio mp3 untuk melatih beo agar cepat berbicara :

suara beo bicara mp3

Download link disini


suara beo asli

Download link disini


suara burung beo nias

Download link disini


suara burung beo papua

Download link disni