Mengenal Jenis Burung Walet (Habitat, Makanan, Mitos)

Diposting pada

Assalammualaikum, Selamat datang di blog resmi Kacer.Co.Id. Disini kami akan berbagi informasi Tentang “Mengenal Jenis Burung Walet”. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Terkenal dengan nilai jual sarangnya yang cukup tinggi, budidaya walet bisa menjadi bisnis yang begitu menggiurkan. Seringkali dijadikan sebagai bahan obat obatan, tak jarang sarangnya pun diolah untuk disantap.

Terdiri dari berbagai jenis, dimana setiap jenisnya miliki ukuran tubuh hingga perilaku yang berbeda. Menurut dari informasi yang didapatkan, ada lebih dari 3 jenis burung walet yang ada di dunia. Berikut beberapa jenisnya.

Berbagai Berbagai Macam Walet Di Dunia Yang Perlu Anda Ketahui


1. Walet Sarang Hitam

Tersebar di beberapa negara, habitat asli si walet sarang hitam ini berada di hutan hujan serta hutan pegunungan tropika. Sehingga tidak mengherankan bila anda mudah menemukannya di negara Singapura, Malaysia, Thailand, Brunei. Vietnam, Filipina, Myanmar, dan tentu saja di Indonesia. Dari sekian banyak jenis walet, sarang si walet hitam ini disebut miliki nilai jual yang tertinggi.

Walet-Sarang-Hitam

Walet satu ini miliki bulu berwarna coklat ataupun sedikit kehitaman dengan ekornya yang berwarna cokelat kelapa. Bulu yang tumbuh di bagian kakinya terlihat begitu merata, sedangkan di bagian ekornya telihat sedikit celah.

Termasuk miliki ukuran sedang, lantaran panjang tubuhnya bisa mencapai sekitar 13 cm dengan mata berwarna cokelat tua. Burung walet ini akan mencari serangga berkuran kecil, yang akan langsung disambarnya ketika terbang.

2. Walet Putih

Dijuluki sebagai walet putih, bukan berarti tubuhnya didominasi oleh warna putih. Justru pemberian nama ini, terinspirasi dari warna sarangnya yang berwarna putih. Sedangkan bulu tubuhnya berwarna coklat kehitam hitaman di bagian atas, dan berwarna coklat di bagian bawahnya. Selain dari warna tubuhnya, anda bisa mengenalinya dari suara khas yang terdengar sangat nyaring.

Baca selengkapnya :  Manfaat Mandi Sore Untuk Burung Murai Batu

Walet-Putih

Kerap kali terbang ke dalam air, mereka melakukannya untuk membersihkan tubuhnya sekaligus meminum air tersebut. Mereka cenderung mencari pakan, dengan mendekati pohon pohon tinggi. Yang membuatnya semakin unik daripada jenis walet lainnya, lantaran miliki kemampuan ekolokasi layaknya kelelawar. Burung walet satu ini dapat ditemukan di Jawa, Bali, Sulawesi, Nusa Tenggara, Kalimantan dan Sumatera.

3. Walet Gunung

Sesuai dengan pemberian namanya, anda dengan mudah menemukannya hidup di daerah dekat puncak gunung ataupun di sekitar tebing. Apabila anda tertarik untuk menemukan sarangnya, akan lebih mudah dengan mendatangi celah celah batu ataupun di bekas kawah gunung. Lalu bagaimana dengan pakan utamanya ? Umumnya mereka akan memangsa serangga kecil, dengan cara menyambarnya sewaktu terbang.

Walet -Gunung

Termasuk walet dengan ukuran tubuh besar, karena walet jenis ini mampu tumbuh hingga berukuran sekitar 14 sentimeter.

Yang membuatnya mudah dibedakan dengan jenis walet lainnya, yaitu dari ekornya yang berwarna abu abu kehitaman dengan bagian kakinya yang hanya ditumbuhi sedikit bulu ataupun tidak ditumbuhi bulu sedikitpun. Selain dari bulunya, anda bisa membedakannya dari suara burung walet ini sangat nyaring yang khas dikeluarkannya.

4. Walet Besar

Ukuran tubuhnya dapat dikatakan lebih besar daripada jenis walet lainnya, lantaran panjang tubuhnya bisa mencapai 16 sentimeter. Dengan ukuran tubuhnya tersebut, mereka mampu terbang lebih tinggi serta lebih cepat.

Apa sih makanan burung walet ?, Dari ketinggian tertentu, mereka mampu melihat pakannya dengan baik. Serangga serangga yang berukuran kecil pun akan disambar, seperti kroto (telur semut), belalang, laba-laba kecil dan masih banyak lainnya yang akan segera disantapnya dengan lahap. Hanya saja, sarang dari burung walet satu ini memang tidak dikonsumsi.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Emprit (Harga Dan Suara)

Walet-Besar

Hewan yang hidup secara berkelompok ini, akan mencari sarang dari bangunan kosong yang jauh dari hiruk pikuk aktifitas manusia. Namun ada mitos yang berkembang di masyarakat, yang berkaitan dengan si burung hidup berkelompok ini.

Ada sebagian besar masyarakat mempercayai bila, akan ada rejeki besar yang akan datang ketika walet berkunjung ke hunian anda. Mitos tersebut hingga kini masih dipercaya, dan kembali dari persepsi setiap individunya masing-masing.

Demikian informasi yang dapat kami berikan tentang jenis burung walet yang ada di dunia. Jika saya ada kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf. Semoga kiranya dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi teman-teman kicau semua.