Mengenal Apa Itu Burung Rangkong?. Berikut Penjelasannya Lengkapnya

Diposting pada

Banyak sekali jenis fauna yang ada di Negara tercinta Indonesia ini. Nusantara memang sangat dikenal dengan berbagai macam jenis fauna ataupun flora yang dimiliki. Fauna yang dimiliki Indonesia menjadi fauna yang cukup banyak dilirik serta diminati oleh banyak orang diberbagai negara. Salah satunya yaitu burung, jenis burung yang dimilili oleh Indonesia juga sangat beragam tentunya.

Salah satunya jenis rangkong, burung yang satu ini menjadi kekayaan fauna Nusantara yang cukup banyak diminati. Burung yang satu ini masuk kedalam jenis burung yang memiliki postur tubuh yang cukup besar. Burung ini juga tak hanya dikenal dengan nama rangkong, tapi juga terkadang sering disebut burung enggang.

burung-rangkong-endemik

Burung Endemik Indonesia Yang Perlu Anda Ketahui


Habitat dan kebiasaan

Sesuai dengan postur tubuhnya, burung rangkong juga dianugerahi paruh yang cukup besar juga, seimbang tentunya dengan postur atau ukuran tubuh yang dimilikinya. Tak hanya besar, paruh yang dimiliki burung ini juga cenderung lebih panjang, tapi memiliki berat yang ringan. Untuk itu paruh besar yang dimilikinya tidak akan pernah memberatkannya ketika hendak mencari makanan.

Burung yang satu ini juga memiliki sejumlah hal yang sangat unik serta menarik untuk diulik dan diketahui. Sayap yang dimilikinya, ketika dikepakan akan mengeluarkan suara kepakan yang sangat khas tentunya. Suara kepakan sayapnya akan cukup mudah untuk dikenali, karena tentu saja tidak akan pernah dimiliki oleh jenis burung lainnya.

Ciri khas yang dimiliki

Tak hanya perihal suara yang dihasilkan dari kepakan sayapnya dikala terbang, burung rangkong ini juga beberapa dari sekian banyak jenisnya memiliki tanduk yang cukup menonjol. Tanduk itu berada di bagian atas paruh besar yang dimilikinya. Paruhnya juga terkadang memiliki warna yang cukup mencolok, yang tentu saja membuat cukup mudah untuk dikenali serta menjadi ciri khas lain yang dimiliki burung indah yang satu ini.

Baca selengkapnya :  Download Suara Burung Puter Auto Gacor Mp3 Gratis

Diketahui setidaknya terdapat 62 jenis burung ini serta tersebar di Afrika, Asia yang lebih khsuus di wilayah tropis, Indonesia serta juga bisa dijumpai di Papua Nugini. Jika berbicara perihal jumlahnya yang ada di bumi Nusantara setidaknya akan terdapat sekitar 13 jenis serta tiga diantaranya menjadi satwa endemik yang dimiliki oleh Indonesia.

Tidak hanya perihal postur tubuh dan lain sebagainya yang berkaitan dengan burung ini. menurut fakta yang ada burung rangkong ini juga terkadang juga dikaitkan atau memiliki hubungan dengan kebudayaan luhur sejumlah masyarakat yang ada di Indonesia tentunya. Sebagian wilayah yang sangat mengaitkan hal itu adalah wilayah Kalimantan dan lain sebagainya.

gambar-burung-rangkong

Perkembangbiakan

Sebagian dari banyaknya ciri yang dimiliki oleh jenis burung unik ini. burung ini juga memiliki ciri yang sangat khas ketika mereka mengeram. Untuk proses bertelur yang tentu sja dilakukan oleh rangkong betina, mereka akan mampu bertelur hingga 6 telur yang berawarna putih. Proses bertelur itu tentu saja akan mereka lakukan di dalam sarang yang mengurung mereka.

Sarang yang dibuat oleh burung rangkong ini pada umumnya akan berasal dari kotoran atau juga kulit buah. Mereka akan membuat satu lubang kecil yang akan digunakan utnuk mengulurkan atau menyimpan makanan dari rangkong jantan kepada burung betina dan anak-anaknya. Mereka memang sangat melindungi anak-anaknya, karena itulah yang akan berada didalam sarang itu hanyalah rangkong betina dengan telurnya yang kemudian nanti akan menetas.

Jika nanti tiba saatnya sarang atau kurung yang mereka miliki sudah tidak mampu menampung anak dan indukannya. Maka rangkong betina akan menghancurkan sarang itu, serta akan membangun kembali sarang yang lebih besar dan cukup untuk mereka. Untuk masalah mencari makanan indukan dan juga rangkong jantan akan pergi untuk mencari makan yang akan diberikan kepada anak-anak mereka atau burung rangkong yang masih kecil.

Baca selengkapnya :  Mengungkap Fakta Dan Legenda Burung Rajawali Di Indonesia

Pada sebagian spesies burung rangkong ini, diketahui anak-anak burung itu akan membangung kembali sarang mereka yang telah hancur. Bahkan tanpa adanya campur tangan atau bantuan burung yang telah dewasa atau indukannya. Keadaan ini menjadi sangat unik tentunya dan bisa menginsipirasi banyak orang yang mana harus melindungi anak-anaknya meskipun tidak bisa menyentuhnya.

Termasuk daftar satwa

Burung ini menjadi salah satu burung yang sangat dilindungi tentunya. Tidak akan pernnah diperbolehkan oleh siapapun itu untuk menangkap atau bahkan menyakiti burung ini pada habitat aslinya.

Karena kehadiran burung ini pada sebuah hutan, akan memberikan cerminan atau kondisi hutan yang sehat dan juga memberikan ciri atau tanda jika pada hutan tersebut masih terdapat banyak sekali pohon yang besar. Hal tersebut karena memang burung yang satu ini sangat membutuhkan sejumlah atau banyak pohon untuk bertahan hidup.

Itulah ulasan singkat nan menarik mengenai burung rangkong , yang kiranya dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi teman-teman kicau semua. Terima kasih.