Jenis Burung Cililin, Perawatan, Habitat Dan Harga

Diposting pada
Rate this post

Pada pembahasan kali ini kacer.co.id akan mengulas seputar burung cililin, mungkin dari temen-temen kicau ada yang belum pernah melihat burung masteran mewah yg satu ini ?. Bahkan tidak jarang, suara burung cililin asli yang dihasilaknnya mampu membuat telinga menjadi sakit saat mendengarnya. Yang membuat burung kicauan satu ini berbeda, yaitu sifat egoisnya yang tidak ingin kalah dengan burung lainnya. Ingin mengenal lebih dekat dengan si pemilik suara terpanjang ? Simak ulasan berikut.

Berbagai Jenis Si Pemilik Suara Terpanjang

Jika dikategorikan berdasarkan warnanya, burung kicauan satu ini memiliki 2 jenis warna saja. Yang pertama adalah cililin berwarna coklat layaknya warna daun yang berguguran.

Burung jenis ini biasanya dijadikan sebagai burung masteran, karena memiliki suara yang cukup panjang, disertai dengan volume yang nyaring. Dengan suaranya tersebut, dirasa cocok masuk dalam kualifikasi sebagai burung masteran.

Yang kedua adalah jenis Cililin dengan warna hitam pekatnya. Didominasi dengan warna hitam, justru membuatnya tampak gagah di mata pecintanya. Apabila saudaranya memiliki karakteristik suara panjang dengan volume keras, hewan ini justru memilliki suara yang berbanding terbalik.

Bahkan suara burung cililin hitam yang dihasilkannya, cenderung kasar nan pendek. Karena tidak memiliki suara seindah saudaranya, dirinya dibandrol dengan harga dibawah saudaranya tersebut.

Cara Perawatan Mudah

cililin-cokelat

Banyak masyarakat yang masih beranggapan bahwa, memelihara burung Cililin cukup sulit dilakukan. Namun tingkat kesulitan dalam perawatannya, membuat beberapa orang tertantang untuk melakukannya. Sebab, banyak pemiliki burung kicauan ini yang mengeluhkan si burung mudah stres dan kurang gacor. Keluhan tersebut seringkali terdengar, dari pemilik si suara terpanjang tersebut.

Baca selengkapnya :  Ciri dan Perawatan Burung Merpati Kolong yang Baik

Burung kicauan satu ini, bisa dikatakan sebagai burung yang cukup aktif. Inilah asalan kenapa pemiliknya harus pandai merawat si burung, agar kondisinya tetap prima. Untuk menjaga kesehatannya, silahkan berikan pakan serasi nan seimbang. Selain itu, anda perlu menjaga kebersihan sangkar, dan tidak lupa memandikannya setiap fajar menyapa. Selagi burung tengah dimandikan, anda bisa membersihkan sangkar.

Usai dimandikan, silahkan diangin anginkan dan berikan kroto murni. Lakukan penjemuran mulai dari pukul 06.30 pagi hingga 07.30 pagi waktu setempat. Ketika diangin anginkan,jangan lupa untuk memberikan jangkrik sekitar 8 ekor setiap harinya.

Pakan jangkrik sangat bagus bagi burung Cililin, untuk memenuhi kebutuhan akan proteinnya. Jangan lupa berikan vitamin tambahan selama 2 hingga 3 kali dalam seminggu, agar si burung tetap fit. Namun jangan berlama-lama untuk menjemur burung yang satu ini, karena burung ini tidak tahan oleh panas. Dan disarankan untuk menaruh atau menggantung burung ini ditempat yang lembab, adem seperti didekat kamar mandi. Karena jika ditaruh ditempat cuaca yang bersuhu panas maka burung ini akan mudah stres bahkan bisa menyebabkan kematian. nah untuk info lebih lengkapnya baca artikel kami sebelumnya seputar : cara merawat burung cililin biar gacor

Habitat Asli Si Pemilik Suara Terpanjang

Habitat asli sang burung kicauan satu ini, terdapat di daerah perhutanan di dataran rendah dengan ketinggian mencapai 1.200 Mdpl. Sedangkan penyebarannya sendiri, nampaknya sudah meluas. Sebab anda bisa menemukan jenis burung satu ini di Malaysia, Sunda Besar, dan Semenanjung. Di habitat aslinya, hewan satu ini gemar memakan beebrapa jenis serangga lainnya. Serangga yang paing banyak diburunya yaitu jangkrik, belalang, ulat, dan masih banyak lainnya.

Baca selengkapnya :  Daftar Harga Burung Lovebird Termahal

Perbedaan cililin jantan dan betina sangat mudah untuk membedakannya yakni burung cililin jantan pastinya lebih agresif dan memiliki suara yang panjang dibandingkan betina. Tidak jarang anda akan menemukan si burung kicauan ini, di berbagai acara perlombaan. Tidak mengherankan bila suara yang dimilikinya, membuat sebagian orang tertarik untuk merawatnya. Pada umumnya, burung Cililin dicari sebagai burung masteran bagi berbagai burung yang dilombakan. Karena memiliki sifat yang tidak ingin kalah dengan burung lainnya, membuatnya terus gacor dengan suara keras.

Kelebihan yang dimiliki oleh hewan satu ini, menjadikannya banyak diburu di habitat aslinya. Suara yang mampu dihasilkannya, dirasa cocok sebagai burung masteran bagi burung lainnya. Bahkan burung ini banyak ditemui di berbagai ajang perlombaan, lantaran memiliki saura nyaring denagn volume keras. Untuk satu ekornya, untuk harga pasaran burung cililin dari harga Rp. 500 ribu hingga Rp. 3 jutaan.